Sejarah Ayam Sabung Filipina Asli Dan Ciri-Cirinya 

Posted on

Sejarah Ayam Sabung Filipina Asli Dan Ciri-Cirinya Sejarah Ayam Sabung Filipina Asli Dan Ciri-Cirinya

Sejarah Ayam Sabung Filipina – Sabung ayam telah lama menjadi budaya turun-temurun di Filipina. Sabung ayam telah ada di Filipina sejak awal abad ke-21. Awalnya tentu saja dari daratan Asia. Di masa lalu, orang Filipina yang melakukan perjalanan ke Cina dan Thailand akan pulang dengan ayam aduan.

Ayam aduan yang dibawa dari China kemudian dikaitkan dengan ayam lokal Filipina. Hasilnya adalah apa yang kita kenal sebagai Ayam Filipina dengan segala ciri khasnya. Saat ini, sabung ayam di Filipina menarik banyak sekali penonton. Bahkan di antara paket kapal pesiar yang ada, mereka menawarkan pertunjukan sabung ayam.

Apalagi, arena sabung ayam yang berfungsi sebagai tamasya juga disiarkan secara langsung. Jadi buat kamu yang suka judi sabung ayam, ini jelas kabar gembira. Saat ini, ayam Filipina lebih unggul dibandingkan dengan ayam sebelumnya, seperti ayam Shamo, Bangkok atau Peru.

Ayam pertempuran Filipina juga dikenal sebagai taji. Ini karena Filipina sering mengadakan sabung ayam. Ayam ini sangat mengandalkan taji panjang dan runcing sebagai senjata utamanya dalam pertarungan. Tubuhnya yang relatif lebih kurus membuat gaya bertarungnya dengan memaksimalkan ruas jari kurang efektif. Chicken Namapknya menyadari kelemahannya. Jadi dia menggunakan lebih banyak taji daripada pukulan.

Di Filipina sendiri, sabung ayam terutama melibatkan adu pacu. Artinya ayam betina harus saling menyerang dengan taji mereka. Selain taji panjang dan runcing, ayam aduan Filipina juga memiliki keunggulan lain dalam pertarungan, seperti gesit dan lincah. Ini membuatnya lebih mudah untuk menghindari serangan. Dia akan menunggu lawan lelah, lalu memukul taji.

Ayam Sabung Filipina Asli

Sejarah Ayam Sabung – Sabung ayam Filipina yang berkualitas super dalam pertarungan dan selalu berhasil mendominasi arena pertarungan secara umum dapat dilihat dari lebih dari satu ciri khas yaitu ciri fisik sabung ayam.

Memang kriteria dan beberapa ciri tersebut dapat dilihat dari lebih dari satu bagian yang salah satunya berasal dari bagian fisik kepala, mata, leher, badan dan kaki ayam, yang menjadi pedoman bagi sebagian penggemar ayam aduan untuk memastikan kepercayaan diri ayam. Hebat dalam pertempuran.

Kepala dan leher

salah satu ciri khas ayam Filipina kualitas terbaik yaitu bentuk kepala sabung ayam dengan buah Pinang yang masih muda. Sedangkan untuk leher, yang bagus isinya padat, ruas tulang leher kencang, dan bentuk leher tidak cekung.

Tentang langkah-langkah praktis untuk mengetahui kepadatan tulang belakang leher yaitu melalui sensasi langsung pada bagian samping leher ayam, dengan kriteria leher sehingga dapat dipastikan ayam-ayam Filipina yang mengeluh ketika bertanding dengan relatif lebih percaya diri dalam teknik pemblokiran dan serangan tiba-tiba begitu keras dan cepat. pukulan.

Mata

Bentuk mata dan penekanan pada mata ayam aduan juga merupakan salah satu ciri ayam kualitas terbaik. Mata cerah, atau biasa disebut mata kristal, yang merupakan kualitas yang mereka berikan, jika seekor ayam pintar dan tanggap dalam mencari celah untuk menyerang dan mental yang kuat, tidak mudah untuk menyerah.

Secara keseluruhan, bentuk mata ayam asli Thailand agak cekung dan tulang di atas mata agak kasar, dan ini menjadi ciri ciri jika sabung ayam begitu perseptif dan bisa mendominasi arena adu.

Postur Tubuhnya

Bentuk tubuh dan postur tubuh yang seimbang, dengan postur tubuh yang baik, tentunya sabung ayam akan memiliki ketangkasan, kelincahan, kemampuan dan kecepatan yang menarik dalam menyerang.

Bentuk Tulang

Pada umumnya ayam filipina umumnya memiliki tulang paha yang membulat tetapi tidak seperti ayam petarung Filipina kualitas super yang mempunyai bentuk paha agak melebar dan agak pipih, kecuali pada sisi kanan dan kiri bila tetap terasa agak menonjol kecuali untuk lebih dari satu ciri di atas ciri khas, kering, sedikit mengkilat, sisik kaki rajut berbentuk kristal juga merupakan ciri khas ayam petarung kualitas tertinggi. Beda dengan Jalu jika sabung ayam memiliki Jalu di atas kelingking, yang terbaik dan selalu pas untuk tubuh dan menembus tubuh lawan.

Di bagian akhir yang akan diuraikan yaitu tulang ekor di dekat anus ayam dengan tulang tubuh ayam disebut tulang ceker udang, bila sendi pada tulang tubuh dan tulang ekor begitu rapat dan kuat. Hal ini memberikan keunggulan tersendiri dalam persaingan, cakar udang yang ketat dan kuat mendukung terjadinya pukulan yang kuat dan terarah, selain itu ayam akan bertarung lebih agresif dan relatif menyerang. Tulang cakar udang dapat dilihat pada ayam Filipina pada usia 6 bulan

Kelebihan Ayam Filipina

  • Ayam Filipina memiliki mentalitas yang kuat saat berkelahi.
  • Berani menghadapi ayam lain dengan tubuh yang lebih besar.
  • Lincah untuk bergerak maju mundur saat menyerang.

Kekurangan

  • Ayam ini memiliki postur tubuh yang relatif rendah dibandingkan penyakit lainnya.
  • Kekuatan pukulan tidak terlalu kuat dan berbahaya karena sikap ayam jago ini.

Banyak variasi warna

  • GreyCockfight: Bulu pada ayam ini seluruhnya berwarna putih dan kuning pucat.
  • Whitehackle: Hampir 90% dari bulu ayam ini berwarna kuning keemasan.
  • Alba: Ayam ini berbulu merah.
  • berkepala bulat: Bulu ayam ini berwarna hitam dan coklat.
  • Claret Putih: Tidak seperti Black Bonanza, ayam ini paling banyak  berwarna putih.
  • Bonanza Hitam: Hampir Sebagian besar bulu berwarna hitam dan agak kebiru-biruan.
  • Claret: Ayam ini mempunyai bulu berwarna hitam di bagian dada, hampir sebagian besar berwarna merah dan putih di bagian sayap dan ekor.

Baca juga : Merawat Ayam Sabung Muda Dengan Cara Mudah